Sabtu, 14 Juni 2008

Tanaman aja tau loh ……!!

Suatu sore pandanganku tertuju kepada beberapa tamanan dalam pot yang terletak di teras rumah, ada sesuatu yang menarik. Daun-daun mereka secara serentak, seirama, seragam tidak mengarah ke atas, tidak juga mengarah ke segala sisi pada umumnya, tetapi mengarah keluar rumah.

Hemm …. akupun teringat saat masih sekolah dulu, tepatnya pelajaran biologi. Waktu itu disuruh mengamati bagaimana ‘perilaku’ tumbuhan terhadap rangsangan di sekitarnya, salah satunya terhadap cahaya/sinar matahari.

Memang sudah kodratnya tumbuhan memerlukan sinar matahari untuk proses fotosintesis, suatu proses yang sangat penting untuk kelangsungan hidupnya. Jadi wajar saja jika tanaman di teras rumahku daun-daunnya mengarah keluar rumah mencari datangnya sinar matahari.

Jika di pagi hari aku putar potnya, daun-daun yang sebelumnya mengarah keluar rumah aku hadapkan ke dalam, maka sore harinya saat aku pulang dari kantor daun-daun itu ternyata telah mengarah keluar lagi mencari datangnya sinar matahari. Wow….ternyata tanaman saja tahu mencari siapa dan di mana sumber kehidupannya!

Bagaimana dengan kita?

Siapakah sumber kehidupan kita?

Di manakah kita dapat mencari dan mendapatkannya?

Matius 6:33 Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.

Tidak ada komentar: