Selasa, 03 Juni 2008

Allah Sayang Indonesia!!

Yunus 4:11 Bagaimana tidak Aku akan sayang kepada Niniwe, kota yang besar itu, yang berpenduduk lebih dari seratus dua puluh ribu orang, yang semuanya tak tahu membedakan tangan kanan dari tangan kiri, dengan ternaknya yang banyak?

Kita tentunya sudah tahu mengenai cerita tentang nabi Yunus, ya seorang nabi yang diutus Tuhan untuk pergi ke Niniwe tetapi ia justru pergi ke tempat lain sehingga Tuhan berfirman kepada seekor ikan besar untuk menelannya.

Nabi Yunus diutus Allah ke Niniwe supaya rakyat di sana menghentikan segala perbuatannya yang jahat karena jika tidak Allah akan menghukum mereka.

Mengapa Allah begitu perhatian dan menganggap penting masalah ini (dosa dan kejahatan Niniwe)? Mengapa Allah bersedia memperingatkan rakyat Niniwe dari kelakuan mereka yang jahat? Padahal Allah telah merancangkan untuk menunggangbalikkan Niniwe!

JAWABANNYA adalah karena Allah sayang kepada Niniwe. Allah masih berkenan memberi mereka kesempatan untuk berbalik meninggalkan segala kelakuan jahatnya, sehingga Dia mengutus seseorang (nabi Yunus) untuk menyadarkan mereka dari perbuatan jahat. Pada akhirnya Niniwe selamat karena mau meninggalkan segala perbuatan jahatnya, Allah tidak jadi menghukumnya.

Pelajaran yang bisa kita ambil:

1. Allah mengasihi setiap bangsa

2. Allah memakai seseorang untuk menyelamatkan bangsa

Bagaimana dengan negara kita tercinta INDONESIA, apakah Allah juga sayang Indonesia dan siapa yang Allah pakai?

Indonesia negara yang besar, yang berpenduduk ratusan juta orang, kekayaan alam yang berlimpah, tetapi banyak persoalan yang menimpa negara kita kemiskinan, kelaparan, wabah penyakit masalah ekonomi (apalagi BBM naik), kriminalitas, korupsi dan berbagai kelakuan jahat lainnya. Mungkin jika boleh dibandingkan, sama halnya dengan yang terjadi di Niniwe.

Kita bisa menjawab dengan tegas YA, ALLAH SANGAT SAYANG INDONESIA!! Allah masih berkenan Indonesia ada, masih tetap berdiri, Allah juga telah menyediakan kekayaan alam yang luar biasa. Menjadi tugas kita sebagai anak-anak Allah untuk mengambil peranan nabi Yunus bagi Indonesia. Berat memang! Penuh resiko yang harus kita jalani. Nabi Yunuspun sempat melarikan diri dari tugas ini, merasa berat, tidak mampu, frustasi! Tetapi hasilnya Niniwe selamat!!

Kitapun harus yakin, mampu menjadikan Indonesia bangkit dari keterpurukan ini. Mulai dulu dengan hal-hal kecil yang bisa dilakukan, di sekitar tempat tinggal kita, di tempat kerja kita dan di manapun kita berada. Beri perhatian, pertolongan, bantuan bagi mereka yang membutuhkan. Pancarkan kasih setia Allah dalam setiap sendi kehidupan kita.

Mari kita berdoa dan berbuat bagi bangsa INDONESIA tercinta, untuk dapat bangkit, dan INDONESIA UNTUK KEMULIAAN ALLAH dapat terjadi!!

Tidak ada komentar: