Sabtu, 28 Juni 2008

Modalnya seiprit dapetnya segajah!

Demikian salah satu iklan yang biasa kita lihat di TV. Siapa seeh yang tak ingin mendapatkan untung besar dengan hanya sedikit modal? Semua orang tentu mau bukan?

Sehingga teori ekonomi mengatakan (klo tidak salah ya?) berusaha melakukan pengeluaran yang sedikit untuk mendapatkan hasil yang sebesar-besarnya. Tetapi pada kenyataannya untuk mendapatkan hasil yang lebih besar maka modalpun harus ditambah lebih besar dari semula.

Sebaliknya di dalam Alkitab, Tuhan telah banyak menunjukkan kepada kita, bahwa justru dengan semakin sedikit modal yang kita miliki semakin mendatangkan hasil yang lebih besar.
Dalam Perjanjian Lama
Akan kita temukan bagaimana Tuhan membantu raja-raja Israel dalam mengalahkan musuh-musuhnya, cukup dengan mengirimkan bala tentara yang jumlahnya sangat sedikit untuk mengalahkan tentara musuh yang jumlahnya sangat besar. Tuhan selalu menyeleksi orang-orang yang boleh ikut berperang, jika jumlahnya terlalu banyak Dia akan memerintahkan kepada raja-raja Israel untuk menguranginya sejumlah yang Tuhan telah tentukan.
Dengan jumlah yang sedikit Tuhan ingin supaya orang Israel tidak memegahkan diri (sombong) dan namaNya dimuliakan oleh orang Israel.

Dalam perjanjian Baru
Baca Matius 14&15, Markus 6&8, Lukas 9, Yohanes 6.
Dengan 7 roti Tuhan memberi makan 4000 laki-laki, tidak termasuk perempuan dan anak-anak, dan tersisa roti 7 bakul.
Dengan 5 roti Tuhan memberi makan 5000 laki-laki, tidak termasuk perempuan dan anak-anak , dan tersisa roti 12 bakul.
Data di atas terlihat menarik buka? Dengan semakin sedikit roti Tuhan justru mampu memberi makan lebih banyak orang!
Jika kita otak-atik bisa jadi Tuhan akan melakukan hal ini:
Dengan 3 roti Tuhan memberi makan 6000 orang dan tersisa 17 bakul?
Dengan 1 roti Tuhan akan memberi makan 7000 orang dan tersisa 22 bakul?
Tuhan selalu menggunakan apa yang kita miliki untuk dilipatgandakan sehingga menjadi suatu berkat yang luar biasa.

Janganlah kuatir akan apa yang kita miliki (kepandaian, kekayaan, pelayanan, dsb), sesedikit apapun, karena Tuhan akan melipatgandakannya.

Tidak ada komentar: