Minggu, 08 Juni 2008

Mesias Bagi Segala Bangsa


Mazmur 2:1-12

Jika kita rajin mengikuti/menyimak berita di media masa, sepertinya tidak ada lagi negara yang selalu damai di dunia ini, semua penuh dengan gejolak.

Demikian juga yang terjadi di Indonesia, setiap hari berita di televisi selalu dihiasi oleh berbagai macam kericuhan, kerusuhan, bentrokan antarelemen bangsa, entah itu rakyat biasa, mahasiswa, aparat keamanan, partai politik, pejabat semua terlibat.

Mereka saling serang, saling sindir, saling menyalahkan, saling ingin menggulingkan dengan berbagai-bagai perkara yang mungkin direkayasa.

Tentu kita bertanya mengapa semua ini bisa terjadi?

1. Karena ingin mencari keadilan, mau menang sendiri, hanya ‘akulah’ yang benar, yang lain salah karena tidak sejalan dengan keinginan ‘aku’.

2. Hilangnya rasa kebersamaan, tidak ada rasa nasionalisme kebangsaan, tidak ada rasa kekeluargaan, yang ada hanyalah individu ‘aku’.

Bagaiman cara mengatasi kekacauan ini?

Sebenarnya secara teori sangat mudah, karena kita orang Kristen, telah mendapat pengajaran ini yaitu ‘KASIH’. I Tesalonika 4:9 Tentang kasih persaudaraan tidak perlu dituliskan kepadamu, karena kamu sendiri telah belajar kasih mengasihi dari Allah.

1. Belajarlah mengembangkan hubungan yang sehat satu dengan lainnya

Sungguh indahnya jika hidup ini damai tidak ada konflik, suatu keluarga akan terasa tentram jika tiap anggotanya saling kasih mengasihi, saling menghargai terhadap yang lain.

2. Belajarlah membangun karakter ilahi

Karakter yang dimaksud adalah kasih, mulailah untuk mengubah diri kita, jangan lagi berpegang sebagai ‘aku’, tetapi peganglah sebagai ‘kamu’, ‘dia’, ‘kami’ atau ‘kita’. Jika kita berpegang kepada ‘aku’ berarti kita bisanya hanya selalu menuntut pihak lain untuk memberi seperti yang kita mau, tetapi jika kita berpegang sebagai ‘bukan aku’ kita dituntut untuk selalu mau memberi, itulah kasih, ia tidak egois!

3. Belajarlah nilai-nilai penting dalam Firman Tuhan

Menggali selalu apa yang terdapat dalam Firman Tuhan, dan lakukan itu! Karena di situlah semua hikmat dan pengetahuan yang dari Allah ada.

Jika kita mau belajar saling kasih mengasihi satu sama lain, pastilah kehidupan keluarga, kehidupan bermasyarakat, bangsa dan dunia ini tidak akan mengalami kekacauan/kerusuhan, Tuhan tidak ingin kekacauan, Tuhan menyayangi segala bangsa..

Berlakulah bijaksana, terima pengajaran, dan beribadahlah kepada Tuhan.

Berbahagialah semua orang yang berlindung pada-Nya!

Tidak ada komentar: