Selasa, 01 Juli 2008

Buah Anggur

Tahukan apa itu buah anggur?
Anggur merupakan salah satu buah yang banyak penggemarnya, ada anggur lokal maupun impor, ada yang berwarna hijau, hitam, merah, ada yang buahnya besar maupun kecil, ada yang manis maupun masam.

Sepertinya Tuhan menciptakan pohon anggur dengan penuh keistimewaan, terbukti di dalam Alkitab pohon anggur menjadi salah satu pohon yang dipakai Tuhan Yesus dalam perumpamaan yang begitu luar biasa.

Selama ini aku hanya mendengar dan percaya begitu saja tentang perumpamaan pohon anggur yang benar, dalam arti memang seperti itulah cara budidaya buah anggur sesungguhnya. Aku tidak tahu bagaimana karakter pohon anggur itu, aku juga tidak tahu apakah benar pohon anggur tidak akan berbuah jika tidak dipotong ranting-rantingnya, apakah benar supaya buahnya besar perlu dibersihkan dari ranting yang tak berguna?

Sudah 3 tahun lebih aku menanam pohon anggur dan sejak berumur 1 tahun pohon anggurku sudah berbuah. Setelah sekian lama aku belajar menanamnya, ternyata memang benar apa yang ada dalam alkitab, seperti itulah cara budidaya anggur.

Kita harus rajin memotong ranting-rantingnya dan membersihkannya (pohon anggur dibuat gundul, semua daunnya kita potong) supaya dapat berbuah lebat, jika tidak dipotong pohon anggur tidak akan berbuah kalaupun berbuah hanya sedikit, yang ada hanyalah ranting dan daun yang tumbuh lebat.

Secara berkala kita harus memotong ranting-ranting yang jelek, tidak sehat, tidak produktif, ranting yang kering, agar tumbuh tunas baru dan bersamaan dengan tumbuhnya tunas/ranting itu diharapkan akan muncul bunga dan pohon anggurpun akan berbuah. Setelah buah kita petik, kita harus kembali memotong ranting-ranting yang tidak baik, sehingga pohon anggur akan terus menerus berbuah seperti yang kita harapkan.

Demikian juga kita, kita ini adalah ranting yang Tuhan sangat berharap agar kita dapat berbuah lebat, bukan sebaliknya menjadi ranting yang tak berguna sehingga akan dipotong, dibuang dan dibakar. Syarat menjadi ranting yang berbuah adalah tetap tinggal di dalam pokok anggur, tetap tinggal di dalam Tuhan Yesus, sehinga kita menjadi ranting yang sehat, ranting yang bersih, ranting yang akan berbunga dan berbuah.

15:1 "Akulah pokok anggur yang benar dan Bapa-Kulah pengusahanya.
15:2 Setiap ranting pada-Ku yang tidak berbuah, dipotong-Nya dan setiap ranting yang berbuah, dibersihkan-Nya, supaya ia lebih banyak berbuah.

Tidak ada komentar: