Jumat, 05 September 2008

Pilkada, Pemilu …. kok memilukan!!

Akhir-akhir ini di Indonesia sedang marak diselenggarakan Pemilihan Kepala Daerah dan tahun depan aka nada Pemilu.

Kalau dulu pemilihan langsung oleh rakyat hanya dilakukan oleh masyarakat desa dalam menentukan Kepala Desanya.

Mungkin pemikiran diadakannya pemilihan langsung oleh rakyat ini didasarkan atas teori demokrasi itu datangnya langsung dari rakyat dilakukan oleh rakyat dan hasilnya untuk rakyat itu sendiri.Tetapi ada juga yang sebenarnya menentang hal itu, karena Indonesia sebenarnya menganut asas demokrasi melalui perwakilan (sila keempat Pancasila).

Ironisnya demokrasi secara langsung itu secara kenyataannya justru banyak terjadi penyimpangan, mulai dari pengerahan masa yang dapat berakibat konflik sampai dengan kecurangan-kecurangan bahkan bukan rahasia lagi terjadi ‘money politic’.

Setiap calon yang ‘berlaga’ di ajang Pilkada berusaha memenangkan kedudukan itu dengan berbagai cara, bahkan cara-cara negatifpun mereka lakukan.

Ada satu tayangan TV beberapa waktu lalu yang menarik bagi saya, para elit politik kita yang sebenarnya orang-orang berpendidikan dan mengaku bergama, ternyata menggunakan bantuan dukun (paranormal) dan kekuatan jahat tentunya. Bahkan para dukun itu dengan sombongnya menyatakan banyak pasiennya yang berhasil meraih jabatan itu.

Dalam hati saya berpikir bagaimana jadinya jika mereka menang, apakah mereka tidak meminta tumbal atas terpilihnya jadi pejabat?

Kita sebagai orang Kristen sepatutnya merasa prihatin dengan kondisi demikian ini, bagaimana negeri ini dapat diberkati Tuhan jika ternyata para pemimpin kita begitu jahat di mataNYA. Karena itu marilah kita memerdekakan bangsa ini secara rohani, satu langkah kecil dapat kita awali dengan berdoa agar pemerintahan kita bersih dari praktek-praktek perdukunan karena itu adalah salah satu penghalang berkat Tuhan bagi Indonesia.

Sudahkah Anda berdoa bagi bangsa ini?
Sudahkah Anda berdoa bagi pemerintah?
Sudahkah Anda berdoa bagi para pejabat di pusat sampai di daerah di mana Anda tinggal?

Kemerdekan rohani bangsa ini juga merupakan tanggung jawab kita orang Kristen.
Doakanlah.

Tidak ada komentar: